Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Cara Mengenali Ayam Bekisar Yang Bagus

June 3 2016 Published on #peternakan

Cara Mengenali Ayam Bekisar Yang Bagus

Mengenal Lebih Dalam Ayam Bekisar - Masyarakat pada umumnya telah mengenal tentang ayam, apakah itu ayam kampung atau ayam buras (bukan ras) ataupun ayam negeri, misalnya jenis Harco yang berwarna hitam, austrolop berwarna merah, leghorn berwarna putih, dan sebagainya. Baru sebagian masyarakat kecil saja yang tahu tentang ayam bekisar. Hal ini memang wajar, karena ayam bekisar termasuk ayam langka yang hanya dimiliki oleh golongan tertentu saja. Jumlahnya pun sangat terbatas, dan harganya jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

Pelajari juga : Cara Mudah Beternak Ayam Bekisar

Ayam bekisar ini mempunyai warna bulu yang indah berkilat dan mempunyai suara yang nyaring serta memikat sehingga banyak dipiara sebagai pajangan yang menarik di mahrumah gedongan. Karena frekuensi kokoknya yang ring dan nyaring tersebut, sehingga ayam bekisar sering ilombakan/dikonteskan orang sebagai "biduan" dalam sangkar, yang dikerek tinggi seperti lomba burung perkutut.

Ayam bekisar yang banyak dipelihara ataupun dilomban ini hanya ayam bekisar jantan, karena ayam bekisar betina tidak pandai berbunyi, bentuknya lebih kecil, serta bulunya pun kurang menarik (kumal). Pada mulanya ayam bekisar banyak dihasilkan dari pulau Kangean yang terletak di sebelah timur pulau Madura. Pulau tersebut masih termasuk kabupaten Sumenep. Pulau ini merupakan pulau gersang. Namun demikian masih banyak hutan jati. Mata pencaharian penduduk tersebut sebagai nelayan dengan hasil sampingannya beternak ayam bekisar

Ayam bekisar dari Pulau Kangean kebanyakan mempunyai suara yang nyaring, yaitu nadanya tinggi melengking atau sering disebut suara kristal. Ayam bekisar yang baik yaitu ayam bekisar yang mempunyai suara dua nada dengan irama yang makin tinggi.

Untuk menghasilkan ayam bekisar, pejantannya adalah ayam hutan hijau (Gallus varius) bukan ayam hutan merah (Gallus gallus). Ayam hutan merah bila dikawinkan dengan ayam kampung akan menghasilkan keturunan yang sosoknya seperti ayam kampung, sebab ayam hutan merah diduga sebagai nenek moyang ayam kampung.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post
S
Yang Hobbi Sabung Ayam - Tambah pengalaman dan wawasan kamu agar semakin luas ! dan untuk kamu yang ingin Nonton Sabung Ayam Live !<br /> <br /> Temukan cara nya di : https://pemainayam.net/sabung-ayam/
Reply